Antik Semarang

Antik Surakarta / Solo

Antik Yogyakarta / DIY

Antik Magelang

Antik Purwokerto

Antik Jawa Tengah

Antik Keris

Tuesday, July 26, 2011

Berburu Barang Antik NOS



Apakah NOS ? Ternyata NOS sebuah singkatan dari New Old Stock. Artinya kurang lebih barang lama, stok lama, disebuah toko tapi kondisi New (belum pernah dipakai, alias perawan).

Apa saja barang yang sering diberi predikat NOS ? Biasanya jam Weker atau Beker, barang yang terbuat dari bahan panci enamel seperti poci atau cangkir, radio transistor, sering mendapat predikat NOS ketika dijual di Internet.

Barang antik NOS sungguh menarik, apa sebab ? Barangnya masih bagus, kalau itu piring, belum luka kena abu gosok. Kalau barang antik itu poci dia masih bersih belum bernoda coklat warna teh. Dari segi harga jelas murah karena penjualnya tidak tahu itu barang antik .... harganya normal-normal saja. Kemudian dari segi mencarinya juga mudah, karena semua toko membuka diri terhadap siapa saja yang datang. Beda dengan pemilik barang antik yang tinggal dirumah, seringkali tidak ramah kepada orang asing yang belum dikenalnya. Dari segi modal juga amat irit, bahkan nol, artinya kita cukup memotret saja kemudian ditayangkan di blog, tidak usah beli.

Semudah itukah mencari barang antik NOS ? Ternyata tidak. Seringkali kita mendapat sambutan yang kurang ramah dari pemilik toko, karena kita dianggap orang aneh yang mencari barang aneh, barang yang sudah lama, ketinggalan jaman dan sudah langka. Mungkin pemilik toko curiga pada kita jangan-jangan mau bercanda atau main-main, tidak serius membeli.

Seringkali waktu yang terbuang juga cukup banyak, kadang kita muter-muter sampai sandal jepit kita tipis barang tak kunjung didapat.

Barang NOS, seringkali adanya dikios kecil, di pedagang kecil, dan bukan ditoko yang besar. Toko besar biasanya tidak punya, karena mereka selalu mengikuti jaman, dan hanya menjual barang yang sedang populer. Barang lama biasanya sudah dibuang ditempat sampah, karena berkarat dan ketinggalan teknologi. Setelah banyak penemuan baru seperti stainless steel, melamine dan plastik, barang dari panci enamel sering dibumi hanguskan karena banyak yang berkarat.

Barang NOS keramik juga tidak mudah dicari, karena sudah lama barang Made In China tidak datang lagi ke Indonesia. Sekarang yang beredar barang buatan Indonesia sendiri dengan label : Fine China, Lucky Fine China, Golden Pagoda dan lain-lain, dengan kualitas yang agak kasar pada ornamen bunganya .....

No comments:

Post a Comment