Antik Semarang

Antik Surakarta / Solo

Antik Yogyakarta / DIY

Antik Magelang

Antik Purwokerto

Antik Jawa Tengah

Antik Keris

Monday, June 13, 2011

Komunitas Djadoel



Komunitas Djadoel dibentuk pada tanggal 3 Mei 2009, berawal dari hobi yang sama mengumpulkan barang antik dan barang zaman dulu alias jadul,. Pada awalnya anggotanya hanya 5 orang. Seiring berjalannya waktu karena sering bertemu, satu per satu bergabung. Hingga saat ini sudah 18 orang yang tergabung dalam organisasi tersebut. ”Di luar anggota komunitas, kami juga punya anggota sahabat Djadoel berjumlah 1.500 orang,” ujar Humas Komunitas Djadoel Ali Amrullah.

Ali mengatakan koleksi yang dimiliki Komunitas Djadoel beragam mulai dari jam zaman dulu, lukisan, foto, kaca mata, uang jaman dulu, kaset, piringan hitam, mainan anak-anak jaman dulu dan sebagainya. ”Kalau saya sendiri mengoleksi uang dan perangko,” ujar jebolan Universitas Pancasila tersebut. Mulai dari uang zaman Belanda, Jepang, uang asing, uang Indonesia setelah merdeka hingga uang jaman kerajaan. seperti uang koin logam dari Kerajaan Sriwijaya. ”Awal menjadi kolektor uang zaman dulu, waktu kecil sering dikasih uang sama paman.

Dia tetap saja berburu uang zaman dulu. Tidak jarang saat itu dia mendapatkan barang yang ingin dikoleksinya. Jika sudah begitu, capek dan lelah terbayarkan. Tergantikan kepuasan. ”Itulah kalau sudah hobi. Setiap ada kesempatan pergi, saya selalu berburu uang zaman dulu. Entah itu keluar masuk pasar, atau bertanya sama warga sekitar di mana yang menjual uang zaman dulu,” ujarnya lantas tersenyum. Saat ini dalam berburu koleksi barang jadul, Ali mengaku kadang bersama rekanrekannya. Mereka suka berburu bersama ke beberapa daerah. Saat menekuni hobinya itu, dia mengaku mendapat kepuasan.

Juga kesedihan di sisi lainnya. ”Dukanya sebagian minoritas masyarakat, tidak mengerti dan bilang kok barang seperti ini dijual dan dipamerkan. Saya coba mengerti, mungkin barang seperti ini tidak bernilai buat mereka. Tetapi bagi sebagian orang bernilai,” pungkasnya.

Ketua Komunitas Djadoel Ferry Van Weker menambahkan, anggotanya pencinta barang zaman dulu. Mulai dari barang 20 hingga 50 tahun lalu. Dia sendiri mengoleksi ratusan jam weker. ”Umumnya buatan Cina dari tahun 1930,” ujar pria berkumis tersebut.

Dari : jakarta.indopos.co.id

1 comment:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH DI NOMOR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA YAKIN ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,RUSLAN DAPAT MERUBAH NASIB ANDA’TERIMAH KASIH..THANZ ROOMX ZHOBATH ★

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT

    ReplyDelete