Antik Semarang

Antik Surakarta / Solo

Antik Yogyakarta / DIY

Antik Magelang

Antik Purwokerto

  • Lampu duduk Bidadari Kecil. - Lampu Listrik motif Bidadari Kecil. Ukuran tinggi 33cm. Rangka kuningan. Kap pink bekas vas tangan yg dipotong bagian bawah nya. Atas bagian wiru2 utuh. Si...
    21 hours ago
  • Kursi Teras Antik (KRS182) - Kursi Teras Antik (KRS182) Set kursi teras antik dari kayu jati, terdiri dari dua buah kursi sedan dan sebuah meja. Kondisi keseluruhan kuat, kokoh, sud...
    6 days ago
  • TEMPO - Bundel majalah Tempo mulai dari nomor perkenalan, urut 14 edisi tahun 1971. Ada yang covernya rusak. *Rp. 600.000,-*
    2 weeks ago
  • MIDO COMMANDER VINTAGE - jam tangan merk mido automatic,made in swiss,model retro tv shape,kondisi mesin lancar tepat waktu,minus baret baret pemakaian. ...
    3 weeks ago
  • Gelang Kayu Langka Sulastri - Sulastri, Slastri, Sletri, Sulastri, Bintangur Bunut (Calophyllum Soulatri Burm) Pohon ini bisa mencapai tinggi 30 m dengan diameter 50 cm. Dipelihara ora...
    4 months ago
  • - KURSI PIPA KUNA DI JUAL KURSI 2 ENGKEL 1 PANJANG SEMU JOK DAH BRU BESI UTUH DAN DAH DI CAT ULANG MEJA GADA SILAH KAN DI PINANG HARGA TERJANGKO INFO 08522711...
    1 year ago
  • Kursi Jengki - Kursi Jengki material kayu jati terdiri 1 kursi double, 3 kursi single dan 1 meja Sudah difinishing ulang dan rotan baru Kokoh dan siap pakai *SOLD*
    3 years ago

Antik Jawa Tengah

Antik Keris

Sunday, June 19, 2011

Kronometrofilia Komunitas Alat Pengukur Waktu


Di Indonesia ternyata ada komunitas penggemar arloji. Nama komunitas tersebut adalah Kronometrofilia. Komunitas ini dirintis dari sebuah forum diskusi di Internet pada lima tahun lalu. Kronometrofilia bisa menjadi ajang tukar koleksi atau jual-beli.

Komunitas ini tidak hanya membatasi diri pada kesukaan terhadap arloji. Menurut William, secara harfiah kronometrofilia berarti penggemar alat pengukur waktu (krono = waktu, metro = alat ukur, filia = penggemar). Maka tak mengherankan jika di komunitas ini bergabung juga penggemar arloji saku, jam meja, bahkan jam dinding.

Dari sebuah arloji, banyak hal bisa diungkap. Cerita sejarah, latar belakang mendapatkan, hingga orisinalitas arloji adalah beberapa contoh yang membuat pembicaraan jadi gayeng.

Sekarang anggota komunitas ini telah mencapai lebih dari 400 orang. Mereka kerap berkomunikasi melalui kronometrofilia@yahoogroups.com.

Dalam dua-tiga bulan sekali, mereka mengadakan pertemuan di Jakarta dan di luar Jakarta. Di Jakarta, mereka biasanya berkumpul di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat.

Di saat pasar arloji Indonesia sekarang ini dibanjiri barang palsu, atau arloji kanibal (arloji orisinal tapi beberapa komponennya sudah ditukar), Kronometrofilia bisa jadi ajang berbagi informasi dan bertukar pengalaman.


Upaya mendapatkan arloji kuno dan cantik pun memunculkan beragam cerita. Ada yang mendapatkannya di pasar loak, jual-beli sesama kolektor, bahkan mencarinya hingga ke luar negeri. Seperti yang dilakukan oleh William (33). Pak dokter ini amat gandrung dengan merek Seiko.

Menurut William, produsen Jepang selalu membedakan barang yang dijual untuk pasar internasional dengan barang yang dijual di dalam negerinya (Japan Domestic Market). Karena menyangkut harga diri bangsa Jepang, kualitas barang yang dijual di pasar domestik selalu lebih unggul ketimbang untuk pasar internasional.


Bagi Lhucat, ketinggian presisi komponen arloji menunjukkan kegairahan dalam pembuatannya. Kini pria yang bekerja di bidang eksplorasi minyak itu telah mengoleksi sekitar 20 arloji kuno dan antik. Satu arloji miliknya bisa mencapai harga Rp 20 juta. Kebanyakan bermerek Seiko asal Jepang. "Karena dinamis dan harganya terjangkau," kata Lhucat.

Lain halnya dengan Antono Purnomo (38). Ia menyukai arloji merek apa pun. Jumlah koleksinya mencapai 65 buah. Anton, begitu dia akrab disapa, menggandrungi arloji sejak sekolah dasar. Saat kecil ia terkesan oleh iklan sebuah arloji di koran. Iklan itu ia gunting dan potongan kertasnya dikenakan di tangan.


Kini, dalam kondisi apa pun, sebuah arloji pasti bertengger di pergelangan tangan kirinya. "Mau tidur, bahkan mandi pun, saya mengenakan arloji. Saya merasa aneh aja kalau enggak pake," ujar pria yang bekerja di sebuah perusahaan media itu.

"Semua komponen itu superkecil, tapi geriginya dan komponen lainnya sudah sempurna, padahal dibuat tahun 60-an dan proses pembuatannya manual, belum terkomputerisasi," katanya. Hal yang juga membuatnya kagum adalah komponen itu saling merangkai dan berotasi dengan presisi yang tinggi.


Dari : tempointeraktif.com

2 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete